Thứ Hai, 1 tháng 10, 2012

Parno

Andrew belakangan ini senewen banget. Terutama kalo mau malem. Dia gak bisa-bisa tidur karena banyakan pikiran. Contohnya, dia bisa kepikiran gimana kalo besok di sekolah dia pengen pup dan gak bisa tahan sementara dia jijik ama wc sekolahnya? Atau gimana kalo besok test nya dia gak bisa? Gimana kalo begini, gimana kalo begitu…

Dari yang kita jawab sabar-sabar, sampe akhirnya kesel dan marah-marah gara-gara dia gak tidur-tidur. Tapi setelah ditelaah dan baca-baca sana sini, sepertinya si Andrew ini gak mengada-ada. Dia emang lagi anxious banget. Dan anak yang anxious banget kayak begini tuh emang dia berasanya menderita banget, jadi gak bisa tidur, kadang pun bisa sampe bikin sakit kepala atau sakit perut. Kita sampe tanya ke dokter karena concern kan, takut kalo udah mengarah ke anxiety disorder gitu, tapi menurut dokter (dan sesuai ama yang gua baca-baca juga) ini wajar untuk anak-anak seumur Andrew. Asal gak persistent terus-terusan aja untuk jangka waktu yang lama. Yah moga-moga aja ya si Andrew bisa cepet get over anxiety nya.

Dari yang tadinya gua kesel banget ama Andrew (karena tadinya gua kirain dia mengada-ada kan) sampe akhirnya jadi kasian. Waktu itu akhirnya gua ajak ngomong. Gua bilang kenapa Andrew mesti takut begini begitu? Kan itu belum kejadian. Kalopun sampe kejadian pun, Andrew kan gak pernah sendiri. Andrew bisa minta tolong. Ada Mommy, Daddy, ada teacher, ada temen-temen, dan juga ada Tuhan Yesus. Yang mana pas ngomong gitu, gua jadi mikir… Lha, gua mah pinter ya ngomongin orang. Harusnya gua juga ngomong begitu ke diri sendiri! Soalnya kayaknya Andrew begitu tuh karenan turunan dari gua!

Duh buat yang punya anak pasti tau ya rasanya, gimana sedih nya kalo nyadar ada sifat-sifat jelek kita yang nurun ke anak. Kenapa sih harus nurun gitu? Kenapa gak yang bagus-bagusnya aja yang nurun… :P

Gua ini emang orangnya sering anxious. Senewen. Parno. You name it dah. Bahkan ada beberapa kali yang secara gak sengaja gua tulis di blog. Kayak cerita tentang betapa senewen nya gua pas tau parkiran kita dipindah ke belakang yang bikin gua jadi bete banget dan kepikiran gimana kalo pas ujan, gimana kalo pas belanjaan kita banyak, dll dsb… Atau cerita gua gak bisa tidur gara-gara mikirin gimana bawa 24 balon ke dalem mobil corolla… Atau cerita gua gak bisa tidur gara-gara kepikiran takut keabisan sprei bayi yang cuma tinggal 1 di toko

Semua cuma karena hal-hal sepele ya, tapi gitu aja bikin gua parno abis. Itu cuma contoh yang kebetulan gua tulis di blog, belum hal-hal lain yang gak gua tulis yang bahkan sekarang pun gua udah lupa.

Sound crazy, huh? Emang! Bahkan anxiety gua yang berlebihan ini juga yang jadi tersangka utama yang menyebabkan gua ada darah tinggi. Dokter gua heran lho kok gua bisa ada darah tinggi, padahal gak ada turunan, umur masih relatif muda, dan BMI gua normal (gak overweight). Kerjaan pun ‘cuma’ kerja kantoran yang tingkat stress nya gak tinggi. Test sana sini gak nemu apapun yang bisa menjelaskan kenapa gua ada darah tinggi. Satu-satunya ya dokter gua bilang karena gua terlalu anxious.

Dan itu bukan maunya gua lho jadi orang yang anxious begitu. Gua maunya juga gak gitu. Tapi susah ya. Belakangan ini sih gua lagi nyoba kalo udah lagi mau tidur, gua ngosongin pikiran. Pokoknya gak mau mikir apapun sama sekali. Kosong gitu. Kadang sih bisa lho berhasil trus gua jadi lebih gampang tidur dan bisa lebih nyenyak tidurnya. Tapi kadang gak berhasil juga, masih aja kepikir ini itu. Yah mungkin takes time ya untuk ngebiasain…

Nah masalahnya sifat ke-parno-an gua ini juga bisa berakibat negatif ke anak-anak. Salah satunya, gua tuh parno banget kalo ngeliat anak megang atau main yang kotor-kotor. Yah kayak foto di atas itu. Si Emma demen banget megang daun-daun kering, rumput, bahkan tanah. Duh gua sih asli geli banget sebenernya dan takut banget kan kalo ntar tangannya kotor masuk mulut ntar malah jadi sakit… Tapi ya gua berusaha nahan-nahan diri ya untuk melarang, jangan sampe gara-gara gua terlalu parno malah bikin anak-anak jadi gak terbatas ruang gerak nya, karena kan katanya nature is the best teacher ya… Yang penting selalu siap sedia tissue basah buat ngelapin tangannya aja dah ya.. :P

<Kotor, siapa takut? :D >

Belum lagi kalo si Andrew mau main-main pake cat air. Wuiii pengennya sih gua langsung bilang ‘gak boleh’! Soalnya gua udah langsung kebayang, gimana kalo ntar gak sengaja trus tumpah kena karpet, atau gak sengaja tangannya meper ke tembok, gimana kalo begini, gimana kalo begitu… Yah kayak gitu tuh, selalu kebanyakan mikir pake awalan ‘gimana kalo’. Untungnya si Esther orangnya lebih gak parno-an. Jadi biasa dia yang ngingetin dan ngebolehin kalo Andrew mau main yang rada ‘messy’. Anyway, kalo main playdough sih gua gak toleransi sih. So far gua tetep memberlakukan peraturan kalo Andrew gak boleh main playdough di rumah. Serpih-serpihannya itu lho… Kotor. Hehehe. :P

Dan yang paling konyol, sampe gua diketawain nyokap gua kemaren ini pas mereka kemari, gua tuh tadinya melarang Emma untuk keluar pake baju tangan buntung! Hihihihi. Yah tentunya karena gua parno takut si Emma masuk angin. :P Padahal kalo lagi Summer kan baju-baju anak cewek biasanya berlengan buntung ya. Makanya gua yang paling ribet nyari cardigan tangan pendek. Pokoknya kalo Emma pake baju tangan buntung, harus dilapis cardigan tangan pendek.

Yang paling ribet tuh pas Emma mau dibaptis kemaren itu. Baju buat baptisnya tuh yang tangannya tali doang gitu. Walaupun udara lagi panas, tetep dong ya gua parno. Mana susah pula nyari cardigan tangan pendek putih. Maunya bagus tapi murah. Sampe nitip cici gua nyariin di Indo segala. Hahaha. Tapi akhirnya dapet juga tuh cardigan tangan pendek putih disini, jadi bisa dipake pas Emma baptis kemaren. Intinya gara-gara parno jadi ribet sendiri dah.. :P

Well, tentang baju tangan buntung ini sih akhirnya belakangan ini gua udah berhasil menekan keparnoan gua sendiri. Didukung dengan cuaca yang super panas belakangan ini, jadi emang gua udah ngasih Emma untuk pake baju tangan buntung tanpa cardigan lagi. *proud of myself* Hahaha.

Kalo kalian ada yang suka senewen/parno kayak gua dan Andrew gak? Kalo iya, apa kalian udah menemukan solusinya? Mau dong di-sharing ke kita… Thanks!



Link to full article

Không có nhận xét nào:

Đăng nhận xét

Bài đăng phổ biến