Thứ Tư, 24 tháng 10, 2012

Itu Susah

Saya sedang mencari cara untuk mengajari beberapa topik tentang IT kepada mahasiswa Farmasi. Ada beberapa konsep yang menurut saya tidak terlalu susah – misalnya konsep bilangan biner dan bilangan berbasis 16 (heksadesimal) – ternyata susah bagi para mahasiswa ini. Nampaknya belum apa-apa dalam benak mereka sudah ada kata “susah” sehingga akhirnya memang jadi susah juga.

Teringat oleh saya ketika saya masih menjadi mahasiswa. Hal serupa juga terjadi. Ada mata kuliah (atau topik-topik) yang belum apa-apa sudah saya vonis susah. Akhirnya memang ini menjadi susah bagi saya. Di kemudian hari barulah saya dapat mengerti topik tersebut. Itu setelah tahunan lewat.

Atau, mungkin guru / dosennya yang tidak menggunakan cara yang tepat untuk menjelaskan? Ini juga salah satu kemungkinan. Jika ini masalahnya, maka saya harus mencari cara yang berbeda – dan lebih baik, tentunya – untuk menjelaskan topik-topik tersebut. Hmmm…


Filed under: Pendidikan Tagged: Pendidikan, postaday2012
Link to full article

Không có nhận xét nào:

Đăng nhận xét

Bài đăng phổ biến