Chủ Nhật, 14 tháng 8, 2011

KARENA GENGSI

.

Tulisan ini terinspirasi dari tulisan Nchie YANG SATU INI …  (Thanks Nchie)

Di tulisan tersebut saya berkomentar yang lumayan panjang … Dan komentar panjang itu kurang lebih saya akan ceritakan kembali disini …

Di postingan tersebut Nchie bercerita pengalaman puasa Olive anaknya … yang masih duduk di kelas 3 SD.  Olive berhasil puasa sehari penuh karena ada beberapa iming-iming dari Kerabatnya…  Dan saya rasa … ada banyak orang tua yang memotivasi anaknya yang masih kecil itu dengan cara seperti itu. 

Lalu sesuai dengan perkembangannya … dengan semakin besarnya anak kita … semakin mengertinya anak kita … sedikit-sedikit kita akan mengajarkan kepada mereka … menanamkan di benak mereka … bahwa yang namanya puasa itu adalah Ibadah wajib yang harus dikerjakan dengan gembira … Dan ini semata-mata mengharap ridha ALLAH belaka … tidak ada pamrih yang lainnya.

.

Lalu bagaimana halnya dengan pengalaman Trainer kecil dulu ?
Terus terang kami … saya dan adik saya … berhasil berpuasa satu hari penuh itu bukan karena adanya hadiah dari Orang Tua kami.  Bukan pula karena kesadaran penuh bahwa ini adalah ibadah wajib perintah ALLAH yang harus dikerjakan.

Jujur saja … dulu ketika kami kecil … sekitar kelas 2 - 3 SD … kami itu bisa puasa POLL … sehari penuh … karena GENGSI … Merasa malu dengan temen-temen se komplek.  (dulu kami tinggal di kompleks)(dan teman-teman yang seumuran saya dan adik saya jumlahnya sangat banyak).

Karena kita satu komplek … namanya juga anak-anak … jika ada yang melihat temannya tidak berpuasa … pasti di kata-katain … “Yeeee malu … nggak puasa Luuuhhh …” … “”Dosa luuuuu …” bahkan yang lebih kejam“Fulan nggak puasaaa … Fulan nggak puasaaaaa …”  (diteriakkan sepanjang gang … dengan lagu dan intonasi penuh ejekan itu …) … dan seterusnya dan seterusnya … menyakitkan bukan ??? (hahaha)

Sehingga kami dulu itu … berlomba-lomba untuk berpuasa penuh.  Supaya tidak jadi bulan-bulanan kata-kataan dari temen sepermainan.   Dalam bathin saya .. aaahhh mosok gua kalah sama Imam, Uwan, Ai, Fathoni, Abit, Edison, Edi Heraldi, Yanto, Iir, Muhtar dll …  Gua nggak boleh kalah sama anak-anak perempuan … Nurhayati, Hanik, Eha, Ida, Nunung, Wati, Linda, Ati, Mimil, Rusdiati, Mahmudah dsb …

(Ini adalah nama-nama sebenarnya … teman-teman masa kecil saya …)(aaahhh kemana ya mereka ?)

.

Jadi begitulah sodara-sodara sekalian …
Motivasi saya berpuasa poll waktu kecil dulu itu sebetulnya bukan karena hadiah … atau untuk melaksanakan ibadah wajib karena ALLAH semata …  Trainer kecil berpuasa … karena GENGSI … alias malu sama temen-temennya …  (Padahal siapa tau temen-temen saya itu kalau sedang ada di dalam rumah … mereka pada makan minum juga yak … ngumpet-ngumpet … hehehe)

.

(Astaghfirullah … Semoga ALLAH mengampuni dosa-dosa kami …)

Karena pada hakikatnya … Puasa itu hanyalah mencari keridhoan NYA semata … tak ada yang lain !

Semoga kita semua terhindar dari perilaku RIYA’ … Amiiinnn …

.

SO …
Apa Motivasi para pembaca sekalian waktu kecil …
yang membuat anda sekalian bisa Poll puasanya ?
Boleh sharing tak ?

.

.

.


Filed under: TRAINER KECIL

Link to full article

Không có nhận xét nào:

Đăng nhận xét

Bài đăng phổ biến