Thứ Hai, 1 tháng 10, 2012

Memilih Jurusan / Prodi

Ada mahasiswa yang bertanya kepada saya tentang bagaimana memilih jurusan atau program studi (prodi). Secara umum jangan terlalu khawatir karena ini bukan akhir segalanya. Maksudnya adalah meskipun kita berada di satu jurusan tertentu tetapi kita bisa mengambil kuliah-kuliah dari jurusan lain. Demikian pula nanti lapangan pekerjaan juga masih bisa bervariasi, meskipun seharusnya tidak boleh.

Pemilihan jurusan terkait dengan kuliah wajib yang harus diambil. Kuliah-kuliah ini memberikan warna kompetensi kepada mahasiswa yang bersangkutan. Maka dari itu, pilihlah jurusan yang kuliahnya paling Anda sukai. Maksudnya supaya kuliahnya menyenangkan. (Tapi yang namanya kuliah biasanya membosankan ya?)

Pemilihan jurusan juga dapat dilandasi oleh keinginan setelah lulus. Mau apa kita setelah lulus? Mau bekerja di bidang apa? Kemampuan atau kompetensi apa yang diinginkan. Begitu. Ini tidak harus terkait dengan aspek finansial lho.

Kalau dahulu pilihan jurusan sering dilandasi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan. Ini masih tetap berlaku, meskipun sekarang kecenderungannya adalah bukan karena faktor finansial.

Semoga tulisan ini membantu Anda dalam memilih jurusan atau prodi.

[Tulisan ini juga saya tampilkan di blog saya yang di kampus ITB]


Link to full article

Không có nhận xét nào:

Đăng nhận xét

Bài đăng phổ biến