Membaca dari data Google Analytics, saya bisa mendapatkan data tentang New Visitor vs Returning Visitor menuju blog. Hanya ada 11.79% returning visitor yang saya miliki. Artinya, ya hanya 11.79% pengunjung yang pernah balik lagi (entah itu dua kali, tiga kali, sepuluh kali, bahkan lebih) membaca tulisan saya. Sisanya, 88.21% adalah pengunjung atau pembaca blog yang masih baru.
Kita lihat satu persatu, yuk.
Mulai dari pembaca blog yang pernah balik lagi. Sumbernya ada tiga yang saya baca sesuai dengan gambar di atas. Pembaca dari search engine yang balik lagi hanya menghabiskan waktu selama 04:08, jauh di bawah yang berasal dari direct traffic (05:21) dan referral traffic (05:42).
Tetapi jika dibandingkan dengan new visitor yang sama-sama dari search engine, average time on site yang returning visitor jauh lebih baik. New visitor hanya mampu bertahan 00:49!
Entahlah pembaca blog yang datang dari mesin pencari ini memang kebiasaannya hanya scanning tulisan tanpa benar-benar membaca, ataukah memang dia tertipu: tidak menemukan apa yang dia cari di blog ini.
Dan yang disayangkan, sebagian besar pembaca ini adalah new visitor yang berasal dari search engine. *matek*
Data bounce rate juga sama: search engine menyedihkan. Hanya referral traffic saja yang menunjukkan performa positif (58.87%). Itu artinya, pembaca yang berasal dari facebook, twitter, indonesia matters, dan blog teman-teman di mana saya meninggalkan komentar saat blogwalking, jarang yang langsung mental ketika datang ke blog ini.
Bagaimana dengan laporan dari data Google Analytics blog teman-teman?
Link to full article
Không có nhận xét nào:
Đăng nhận xét