Chủ Nhật, 4 tháng 9, 2011

Pentingnya Header dan Footer WordPress

Ketika membuat blog baru kemarin, saya menemukan ada hal yang aneh. Dua buah plugin yang biasanya selalu normal, di blog baru ini jadi aneh. Yang pertama plugin Contact Form 7, plugin ini masih berfungsi baik dengan berhasil mengirimkan email kontak, tapi fitur Ajax-nya hilang. Plugin kedua yang jadi aneh adalah WP-Email yang tidak ada masalah dalam tampilan tapi tidak bisa mengirimkan email sama sekali.

Selidik punya selidik, setelah tanya-tanya di forum wordpress.org dan di forum resmi plugin wp-email, akhirnya ketemu juga permasalahannya. Dan jawabannya saya dapat setelah tanya sama om Google :roll: hehe tau gitu dari awal langsung tanya sama om Google ya.. menghemat waktu! Ternyata sumber masalahnya adalah theme wordpress yang saya pakai tidak lengkap footer-nya. Ada 1 kode yang hilang, yaitu wp_footer(). Setelah saya tambahkan lagi kode <?php wp_footer() ?> tepat sebelum </body>, maka kedua plugin itu berfungsi normal kembali.

Header dan footer wordpress adalah seperti sepasang sejoli yang sebaiknya selalu ada berpasangan. Keduanya mengandung script-script termasuk javascript yang digunakan oleh wordpress sendiri dan oleh banyak plugin. Banyak plugin yang bisa jadi tidak berfungsi baik kalau salah satu dihilangkan. Untuk header, harus ada kode wp_header() di bagian <head>, dan untuk footer seperti yang sudah disebutkan di atas.

So, pastikan di theme Anda agar keduanya selalu ada. :thumb1:

Pentingnya Header dan Footer WordPress



Link to full article

Không có nhận xét nào:

Đăng nhận xét

Bài đăng phổ biến