Chủ Nhật, 11 tháng 9, 2011

PHOBIA

.
Saya bukan ahli psikologi … atau ahli ilmu kejiwaan …

Namun perkenankan saya sedikit menulis mengenai PHOBIA

Phobia … menurut pengertian yang saya pahami adalah suatu bentuk ketakutan yang (sering kali) berlebihan.  Ketakutan pada suatu hal, atau pada suatu situasi tertentu, atau bahkan benda, baik itu makhluk hidup maupun benda mati.

Rasa Takut atau Ketakutan itu sendiri sebetulnya adalah hal yang wajar, akan selalu ada pada setiap manusia.  Namun Phobia ini menjadi sesuatu yang tidak wajar, karena sering kali berlebihan.  Dan obyek ketakutannya itu sesuatu yang bisa jadi menurut pendapat umum, sebagian besar manusia, tidak seharusnya untuk ditakuti.  Kadang malah ada yang bersifat Irrasional.

Menurut pengamatan saya terhadap lingkungan sosial disekitar saya,  entah teman, handai taulan, atau kenalan-kenalan saya … Ada beberapa Phobia umum yang sering saya temui …  Dan TIGA yang terbesar adalah …

1. PHOBIA GELAP
Saya coba browsing … ini bahasa kerennya mungkin adalah Nyctophobia (sebetulnya ada beberapa istilah lainnya)(sekali lagi saya tekankan saya tidak tau mana yang benar)
Banyak teman-teman saya, yang jika menginap di hotel, akan jerit-jerit jika rekan sekamarnya mematikan Lampu.  Dia akan segera saja kelabakan jika berada di ruangan yang tiba-tiba gelap.  Bayangkan kalau mati lampu.

.
2. PHOBIA KETINGGIAN
Bahasa kerennya mungkin adalah … Acrophobia.  Ada pula yang menyebut Hyperphobia …(again,  saya tidak tau mana yang benar).  Ketakutan tipe ini juga sering saya temui.  Terutama jika travelling dengan menggunakan pesawat terbang.  Beberapa teman dan kenalan saya, ada yang mengaku sangat takut sekali ketinggian.   Saya tidak tau apakah ini juga berlaku bagi mereka yang takut berada di ketinggian yang lain, entah di gedung bertingkat yang tinggi atau jika sedang mendaki gunung.

.
3. PHOBIA KECOA
Ini yang paling banyak saya temui.  Sangat banyak bahkan.  Nggak laki-laki, nggak perempuan.  Mereka akan girap-girap.  Bahkan sampai naik ke atas meja jika melihat kecoa berkeliaran … Namun demikian sayang sekali … saya tidak berhasil menemukan apa istilah kerennya.  Heran juga … padahal ini paling banyak terjadi lho … (mungkin saya saja yang kurang rajin browsing)(atau biar gampang sebut saja Coro-Phobia … hahaha)

Sebetulnya selain ketiga PHOBIA tersebut, masih ada beberapa lagi yang pernah saya temui pada teman-sahabat dan handai taulan di sekitar saya.  Phobia pada Ruangan Sempit, Phobia pada Cermin, Phobia pada Laba-laba, Phobia pada Kerumunan dan Keramaian orang, Phobia pada Darah … Sampai yang paling aneh yang pernah saya temui adalah …

Phobia pada KARET GELANG !!! … (hah ada-ada saja)

SO …
Menurut pengalaman dan pengamatan Pembaca Sekalian …
Phobia apakah yang pernah anda temui ?
Yang paling Irrasional yang pernah anda tau ?

atau mungkin anda ingin sharing phobia anda sendiri ?
Be my guest !

.

Salam saya

.

.

.


Filed under: ARTIKEL
Link to full article

Không có nhận xét nào:

Đăng nhận xét

Bài đăng phổ biến