.
Kalender atau tanggalan. Sebuah benda yang sederhana namun penting. Tidak lengkap rasanya, sebuah meja kerja atau rumah jika tidak dilengkapi dengan tanggalan. Karena fungsinya yang penting itulah maka banyak Perusahaan / Institusi / Sekolah yang mencetak sendiri kalendernya. Kalender ini bisa sekaligus berfungsi sebagai media komunikasi pemasarannya. Media beriklannya.
Biasanya, agar kalender tersebut nampak indah dan tidak hanya berupa jajaran angka-angka saja yang membosankan, mereka mendesign kalender tesebut sedemikian rupa dengan menambahkan design grafis tertentu. Bisa berupa gambar, foto dan sebagainya. Sehingga kalender tersebut bisa terlihat menjadi lebih bagus.
Nah, talking about gambar yang ada di kalender sebuah perusahaan / institusi, pernahkah anda memperhatikannya ?. Gambar apa saja yang biasanya ada di Kalender tersebut ?. (terutama kalender yang dipasang di dinding ?)
Menurut pengamatan saya, ada beberapa jenis design Gambar yang biasa terlihat di kalender promosi sebuah perusahaan :
1. DISPLAY PRODUK :
Jelas, ini gambar yang paling sering dipasang di Kalender. Entah produk mobil, motor, alat elektronik dan sebagainya. Bukan saja produk nyata, produk berupa service / layanan pun banyak ditampilkan dan diilustrasikan dalam Kalender. Produk perbankan, asuransi, jasa travel, jasa penerbangan dan sebagainya. Dalam hal kalender sekolah, gambar yang ditayangkan biasanya adalah kegiatan di sekolah / universitas tersebut plus juga fasilitas-fasilitas sekolah / kampus mereka yang perlu dipromosikan (perpustakaan, ruang kuliah, ruang laboratorium dsb).
2. PEMANDANGAN ALAM :
Banyak pula kalender yang memuat gambar pemandangan alam. Berikut Flora dan Faunanya. Ini biasanya lebih murah ongkos cetaknya. Karena perusahaan hanya memilih dan membeli stock gambar yang ada, lalu tinggal cetak nama perusahaannya beres. Ini biasanya kalender yang bermerek Toko Emas, Toko Bangunan, Toko Kelontong, Rumah Makan atau toko-toko lainnya.
3. MODEL :
Dari model yang berpakaian lengkap, maupun model yang berpakaian ”tidak begitu lengkap”. Ini juga biasanya sudah tersedia stock-stock foto yang siap dicetak untuk dijadikan kalender promosi sebuah perusahaan.
Banyak pula yang menggabungkannya dengan tipe nomer satu (Display Produk). Jadi ada gambar Model sambil memegang, memakai, mengenakan, menggunakan produk keluaran perusahaan tersebut. (Saya rasa ini yang paling banyak ditemui)
-
So demikianlah …
Pada hakikatnya fungsi kalender sebagai media komunikasi pemasaran atau promosi dari suatu produk tidak bisa dianggap remeh. Penggunaan kalender sebagai media komunikasi itu ada banyak keunggulannya.
Media ini relatif murah, bisa menampilkan keterangan produk dan juga alamat contact perusahaan dengan detil. Dan yang lebih penting lagi adalah masa tayang effektifnya bisa satu tahun penuh !!! (Full exposure sodara-sodara).
-
Nah sekarang,
Lihatlah ke kalender yang ada di dinding kantor / rumah anda …
Ada gambar apa disana ? dari produsen produk apa ?
.
(Model kalender meja sebuah perusahaan. tepatnya di lembaran bulan July 2011)
(sesungguhnya inilah inti dari postingan ini …)(huahahaha)
.
Like this:
Link to full article
Không có nhận xét nào:
Đăng nhận xét