Thứ Sáu, 9 tháng 11, 2012

Buku (Catatan) Admin Server

Akhir-akhir ini kami banyak melakukan update / upgrade server. Seperti biasa, ada banyak hal yang ketinggalan ketika update. Misalnya, ketika sistem email diperbaharui ada beberapa mailing list yang tidak jalan. Atau baru saja saya ingin memastikan program saya jalan dengan membuat skrip kecil yang dijalankan di bawah cron. Ini juga lupa buat skripnya.

Hal-hal semacam ini nampaknya harus diotomatisasi dan didokumentasikan. Dulu saya menggunakan buku Nemeth & Snyder untuk melihat catatan-catatan atau trik untuk mengelola server (khususnya yang berbasis UNIX). Sayangnya buku tersebut sudah hilang (dan mungkin juga versinya sudah kadaluwara – ini sekitar 15 tahun yang lalu).

Sebetulnya internet sangat membantu. Hanya saja dibutuhkan waktu untuk melakukan search. Padahal apa yang diinginkan sudah tahu (hanya lupa) dan sudah pernah dikerjakan sebelumnya. Kalau pakai catatan sendiri bisa jadi lebih cepat.

Atau … nampaknya saya harus membuat buku catatan saya sendiri ya? Hmmm… more books to write


Link to full article

Không có nhận xét nào:

Đăng nhận xét

Bài đăng phổ biến