Thứ Hai, 12 tháng 11, 2012

Jaman Dahulu …

Sering kita mendengar cerita-cerita dari orang tua tentang jaman dahulu. Lantas kita dengar cerita yang berbau kepahlawanan. Cerita bagaimana mereka harus berjalan beberapa kilometer hanya untuk sekedar pergi ke sekolah. Bukan hanya jarak jauh saja yang harus mereka hadapi. Dalam perjalanan ke sekolah itu mereka mungkin harus berenang menyeberangi sungai dan bahkan berkelahi dengan harimau. He he he. Terlalu dibesar-besarkan? Mungkin. Tapi, siapa tahu bahwa memang itu terjadi?

Kita tidak terlalu menyukai cerita dari orang-orang tua itu. Kita beranggapan bahwa generasi terdahulu terlalu membesar-besarkan kondisi yang harus mereka hadapi. Setidaknya itu yang saya alami, sampai … saya harus menceritakan kondisi yang saya alami kepada generasi yang lebih muda. Sekarang saya yang merasa tua dan dianggap membual.

Sekarang saya mulai dapat mengerti apa yang dialami oleh generasi dahulu ketika menghadapi kami-kami ketika kami masih mudah. Saya melihat memang ada perbedaan nilai antar generasi. Penurunan values, yang mungkin disebabkan oleh kemudahan-kemudahan yang dialami generasi sekarang. Mungkin memang seharusnya generasi terdahulu harus mengalami kehidupan yang lebih susah. Jadi ini memang hal yang natural. Maka saya tidak ingin terlalu membesar-besarkan apa yang telah kami lalui dahulu. Biarlah itu menjadi dongeng, yang boleh dipercaya boleh tidak.

Ijinkanlah saya untuk bercerita.

“Ketika saya muda dahulu …”


Filed under: Curhat Tagged: postaday2012
Link to full article

Không có nhận xét nào:

Đăng nhận xét

Bài đăng phổ biến