Thứ Bảy, 13 tháng 8, 2011

Conference Chat Yang Reliable Untuk Indonesia?

Kemarin dulu kami harus melakukan conference chat karena anggota tim kami tersebar di berbagai tempat di Bandung dan Jakarta. Pilihan yang digunakan adalah Yahoo! messanger (YM).

Chat dimulai. Langsung mulai ada masalah. Ada yang tidak bisa masuk ke chat. Entah kenapa yang bersangkutan tidak bisa di-invite. Conference bubar dan dimulai lagi. Kali in yang bermasalah yang lainnya. Begitu terus sehingga akhirnya conference chat batal.

Salah satu masalah yang kami hadapi adalah lingkungan dari peserta chat berbeda. Ada yang menggunakan layanan via 3G/GPRS. Ada yang berada di belakang firewall sehingga harus menggunakan proxy (yang authenticated pula). Ada yang terpaksa menggunakan meebo. Pokoknya semuanya punya hambatan. Mungkin ini tidak masalah di luar negeri yang akses internetnya cepat ya? Kalau di sini, di Indonesia, ini menjadi masalah.

Hal kedua yang menjadi perhatian adalah masalah kerahasiaan dari chat itu sendiri. Apa perlu setup chat server sendiri? Saya kok jadi teringat server MUD yang pernah saya kelola di akhir tahun 80-an / awal 90-an ya? Mungkin bisa pakai itu lagi? Hmmm…


Filed under: Curhat, Teknologi Informasi, TI Tagged: IT, Teknologi Informasi

Link to full article

Không có nhận xét nào:

Đăng nhận xét

Bài đăng phổ biến